Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Pantainya Laskar Pelangi

Tak perlu diragukan lagi bahwa pantai bisa dibilang menjadi salah satu pesona Belitung yang utama. Karena itu, tak heran kalau ada banyak pantai menarik yang bisa Anda kunjungi begitu Anda tiba di pulau yang menjadi rumah Laskar Pelangi ini. Nah, dari berbagai pantai yang ada, Pantai Tanjung Tinggi Belitung bisa dibilang merupakan destinasi wisata yang paling populer. Apalagi, lokasinya hanya berjarak sekitar 31 km dari ibukota Tanjung Pandan.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung sendiri juga memiliki berbagai pesona yang pasti mampu menarik minat dan perhatian Anda. Keindahannya sendiri sudah banyak disaksikan orang meskipun hanya lewat layar bioskop atau layar kaca. Pasalnya, Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, serial film yang mampu membawa Belitung sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Tanah Air, baik itu di mata wisatawan domestik maupun asing.

Meskipun Pantai Tanjung Tinggi saat ini telah menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Belitung, sejarahnya sendiri justru kental dengan nuansa gaib. Pasalnya, berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, setiap titik di Pantai Tanjung Tinggi yang punya panjang 3 km ini punya nama yang berbeda-beda. Bahkan, ada satu titik yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus, yang diberi nama sebagai Pantai Pelabuhan Bilik.

Sebelum diberi nama Pantai Tanjung Tinggi seperti sekarang ini, pantai ini punya nama Pantai Pelabuhan Belis. Hanya saja, karena konotasi namanya yang negatif, namanya lantas diubah jadi Pantai Pelabuhan Bilik karena orang-orang zaman dahulu yang tinggal di sana berharap bahwa perubahan tersebut akan memberikan dampak positif.

Berdekatan dengan titik Pantai Pelabuhan Bilik adalah Pantai Batu Penyabong, yang lokasinya juga dekat dengan Tugu Laskar Pelangi. Konon, di titik ini, para makhluk gaib saling beradu kekuatan. Sedangkan di Pantai Teluk Limau yang berada di belakang kantor desa dipercaya sebagai perkampungan makhluk gaib.

Meski demikian, ada asal-usul lain di balik nama Pantai Tanjung Tinggi Belitung, yaitu karena keadaan alami pantai ini yang menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan Tanjung (semenanjung) dengan berbagai bebatuan yang tinggi. Lantas, ada juga yang menyebutkan bahwa Pantai Tanjung Tinggi memang pernah punya nama Pelabuhan Bilik karena difungsikan sebagai pelabuhan bagi warga Desa Tanjung Tinggi dan Keciput, terutama para nelayan, agar bisa mencari ikan.

Terlepas dari sejarahnya yang dibumbui nuansa mistis, tak perlu dipungkiri lagi bahwa Pantai Tanjung Tinggi Belitung memang sangat mempesona dan cantik. Salah satu keunikan dari pantai ini adalah bentuknya yang serupa lekukan busur derajat. Selain itu, hamparan pasirnya terasa sangat lembut kala disentuh. Belum lagi ada jajaran bebatuan granit yang gagah nan kokoh, serta bentangan laut dengan warna jernih yang berkilau di bawah sinar matahari. Makanya, jangan heran kalau banyak turis datang ke sini sekadar untuk bersantai menikmati suasana yang pasti tidak akan bisa ditemukan di kota-kota besar.

Selain itu, Anda juga bisa bermain air di kawasan Pantai Tanjung Tinggi. Dengan kondisi pantai yang landai dan ombak-ombak kecil, bahkan nyaris tenang, kawasan Pantai Tanjung Tinggi Belitung dijamin aman sebagai tempat bermain keluarga, termasuk anak-anak sekalipun. Anda juga bisa menjajal pengalaman memancing di tengah lautan tanpa harus khawatir dihempaskan oleh ombak yang kuat menerjang. Atau, Anda bisa pilih sewa jetski atau kano untuk bersantai di tengah laut lepas sambil menghabiskan waktu, atau menunggu datangnya senja.

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *