Keunikan Pulau Burung Belitung

Berbicara soal wisata di Belitung, wisata alam jadi pilihan yang paling pas karena memang kawasan kepulauan ini sangat terkenal akan keindahan alamnya. Apalagi, Anda yang merupakan penggemar pantai dijamin akan mampu menemukan keindahan yang unik dan mempesona di setiap pulaunya. Nah, salah satu pulau yang paling populer untuk dikunjungi para turis adalah Pulau Burung Belitung.

Pulau Burung Belitung sendiri paling dikenal akan keindahan hamparan pantai berpasir putihnya yang pasti memesona. Meski begitu, hal tersebut jelas bukan satu-satunya daya tarik yang dimiliki Pulau Burung. Salah satunya adalah asal muasal namanya sendiri. Nah, apakah Anda sudah tahu alasan di balik nama Pulau Burung?

Ketika Anda berkunjung ke pulau ini nantinya, Anda bisa menemukan keberadaan sebongkah batu granit berukuran raksasa dengan bentuk yang unik, yaitu menyerupai paruh burung. Rupanya, hal inilah yang menjadi asal mula nama pulau ini. Cukup menarik, kan? Apalagi, Anda juga bisa mengunjungi bongkahan batu raksasa tersebut untuk berfoto-foto. Lokasi dari batu tersebut berada di bibir pantai dan bisa Anda temukan dengan mudah, apalagi mengingat bahwa ukuran Pulau Burung yang tak terlalu luas, yaitu hanya sekitar 2 hektar.

Oh iya, ketika Anda mengunjungi kawasan di mana batu granit berbentuk paruh burung tersebut berada, Anda pun bisa menemukan jajaran batuan yang terbentuk dan terpahat secara alami. Pastinya, pemandangan tersebut akan menyempurnakan foto yang Anda ambil, baik itu foto panorama atau pemandangan, maupun foto selfie.

Untung mengunjungi Pulau Burung, Anda bisa berangkat dari Pantai Tanjung Kelayang, yang lokasinya memang bertetangga dengan pulau tersebut, dengan menaiki perahu mesin. Perahu tersebut bisa Anda dapatkan dengan menyewa. Sedangkan untuk tiba di Pantai Tanjung Kelayang sendiri, Anda bisa berangkat naik mobil dari Belitung.

Pulau Burung sendiri juga berlokasi tak jauh dari pulau-pulau lainnya yang menjadi bagian dari wilayah Belitung, seperti Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, Pulau Pasir, dan Pulau Kepayang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati bukan hanya keindahan Pulau Burung Belitung saja ketika berkunjung ke sana, tapi juga pulau-pulau lain yang menjadi tetangganya. 

Dan pastinya, bentangan pasir putih di sepanjang pantainya jelas merupakan sebuah pesona keindahan yang tak diragukan lagi mampu membuat Anda terpukau. Dipadukan dengan kejernihan warna air laut dan langit biru yang cerah, pemandangan ini pasti akan memanjakan mata Anda dan mampu membuat pikiran Anda jadi rileks. Apalagi, panorama tersebut dapat Anda nikmati bersamaan dengan embusan angin pantai yang membuai dan suara deburan ombak. Artinya, suara hiruk-pikuk kesibukan kota besar yang selama ini selalu Anda dengar tak bisa Anda temukan sama sekali.

Meskipun Pulau Burung Belitung dapat Anda kunjungi kapan saja, ada satu momen yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini, yaitu di saat siang menjelang sore. Pasalnya, banyak yang beranggapan kalau waktu tersebut memberikan pencahayaan yang paling pas untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang maksimal. Apalagi ketika matahari sudah condong semakin ke barat dan senja menjelang, karena keindahan pemandangan matahari terbenam di sini pasti tidak akan bisa Anda temukan di tempat wisata lainnya, termasuk pantai sekalipun.

Karena ukuran pulau yang tak terlalu besar, Pulau Burung Belitung jelas sangat layak untuk Anda jelajahi. Pastinya, berpetualang di pulau ini akan memberikan pengalaman yang sungguh berharga dan berkesan untuk Anda. Hanya saja, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar keindahannya tidak tercemar, ya! Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya.

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *